Mediasi Adalah Cara Yang Efektif, Terjangkau untuk Berurusan Dengan Konflik Perceraian

 

Mediasi adalah proses yang memungkinkan orang untuk mencapai kesepakatan mereka sendiri yang dibuat bersama.

Mediator terlatih dan bersertifikat memandu pasangan melalui diskusi tentang semua masalah yang penting bagi masing-masing pihak. Diskusi bersifat pribadi, informal, dan rahasia. Mediasi mendorong penghormatan terhadap kepentingan kedua belah pihak karena mediator membantu para pihak berdiskusi dan menciptakan solusi yang dapat diterima oleh kedua belah pihak. Sebuah kesepakatan tertulis kemudian dibuat yang mungkin menjadi dasar dokumen yang diajukan ke pengadilan.

 

Masalah perceraian yang bisa ditangani dengan mediasi:

  • Rencana pengasuhan (Hak Asuh Anak)
  • Perubahan dalam hak asuh anak
  • Kunjungan
  • Masalah keuangan (Harta Gono-Gini)

 

 

Komitmen Waktu:

    3-5 sesi masing-masing berlangsung 2-3 jam
    Sesi dijadwalkan pada kenyamanan kedua belah pihak
    Sesi siang dan malam tersedia

 

Manfaat Mediasi Perceraian

 

Membuat Keputusan Sendiri ~ Mediasi mengenali kemampuan dan tanggung jawab Anda untuk membuat keputusan sendiri tentang keluarga dan kehidupan Anda. Mediator bertemu dengan kedua pihak sebagai orang yang netral. Mediator bukan pengambil keputusan - para pihak. Peran mediator adalah membantu para pihak untuk saling memahami kepentingan masing-masing, mengklarifikasi isu, dan menghasilkan dan mengeksplorasi opsi dan kemungkinan kesepakatan. Mediator tidak dapat memaksa salah satu pihak untuk maju melawan kehendaknya.

Umumnya Menghemat Waktu, Uang dan Energi ~ Langkah mediasi berjalan lambat atau secepat kedua belah pihak sependapat. Biasanya, biaya sesi mediasi dibagi oleh kedua belah pihak dan paling sering jauh lebih murah daripada kasus yang diajukan ke pengadilan yang dapat merugikan masing-masing pihak jutaan rupiah.

Tenaga Ahli ~ Tenaga ahli dapat disertakan dalam proses. Ini mungkin termasuk konselor, penasihat pajak, perencana keuangan, dan pihak lain yang dijamin oleh para pihak.

Informasi Hukum ~ Seorang mediator dapat memberikan informasi hukum kepada kedua belah pihak namun tidak dapat dan tidak akan memberikan nasehat hukum. "Informasi hukum" biasanya mencakup informasi umum tentang prosedur hukum keluarga, pedoman pendukung, undang-undang properti, dan rencana pengasuhan anak. Perjanjian yang dimediasi adalah kontrak yang mengikat secara hukum dan dapat dilaksanakan oleh pengadilan.

Ini adalah Proses Rahasia ~ Mediasi adalah proses rahasia menurut hukum dan kesepakatan. Ini berarti bahwa diskusi, catatan dan proposal yang dibuat dalam mediasi tidak dapat diungkapkan ke pengadilan jika mediasi tidak menghasilkan kesepakatan akhir. Hal ini membuat aman untuk menawarkan murah hati untuk menyelesaikan kasus ini.

Kepatuhan ~ Mediasi menawarkan tingkat kepatuhan yang lebih tinggi dengan persyaratan kesepakatan daripada keputusan yang diberlakukan pengadilan karena kedua belah pihak telah bekerja sama untuk merancang kesepakatan itu sendiri.

 

Daftar